Orang Jepang Ngebet Pengen Belajar Batik
Posted On: 2014-10-10 08:49:22 ; Read: 583 time(s)

Malam Sahabat Kencana Ungu, berbicara tentang batik siapa sih yang tidak suka.. Pak Presiden Jokowi aja Suka.. gak percaya..? Baca Artikelnya Disini.
Pernahkah sahabat berpikir ingin bisa membatik? tentunya kita sebagai warga negara Indonesia harus melestarikan kebudayaan kita itu, ya diantaranya adalah dengan mempelajarinya.. sehingga kelak akan turun-temurun sampai ke anak-cucu kita.

Kita tidak boleh kalah dengan orang luar.. Lho.. Emangnya orang-orang luar ada yang pengen belajar membatik? tentu, karena batik memang memiliki ciri khas dan makna yang dalam dalam setiap motifnya. siapakah orang-orang luar yang pengen belajar batik sampai ngebet sekali itu? berikut akan saya ceritakan.

Orang-orang dari negeri asing itu tak lain adalah Istri Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda, Kyoko Fukuda dan puluhan istri pejabat tinggi Negeri Sakura menyatakan kagum terhadap teknologi dan seni batik Indonesia. Mereka mengatakan hal tersebut setelah mengikuti workshop batik yang dilaksanakan selama dua hari oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia atau disingkat (KBRI) Tokyo. Workshop tersebut digelar dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang tiap tahunnya jatuh pada tanggal 2 Oktober. tepatnya 8 hari kebelakang.

Workshop membatik yang langsung dipraktikkan oleh para peserta dengan cara membatik masing-masing satu helai saputangan yang hasilnya boleh dibawa pulang tampaknya membuat para peserta senang dan bangga dengan hasil karyanya itu. Bukan hanya itu, dengan melakukan proses membatik tersebut, ada hal postif yang mereka dapatkan yaitu menjadi lebih  mengerti tentang bagaimana proses pembatikan itu.

Mayoritas peserta workshop yang ada hampir keseluruhannya adalah para istri pejabat, istri mantan pejabat tinggi Jepang (termasuk parlemen), dan istri para Dubes asing di Tokyo. mereka sangat terkagum-kagum dengan batik yang sudah mereka hasilkan. Berikut kutipan mereka :

"Ada rasa aneh dan mengejutkan bahwa kami yang bukan orang Indonesia, ternyata dapat menghasilkan sapu tangan batik yang indah seperti ini," kata salah satu peserta sambil memegang sapu tangan karyanya.

Istri mantan Perdana Menteri JepangKyoko Fukuda mengatakan, "Membuat batik ternyata memang rumit dan memerlukan rasa seni yang tinggi dalam menggambar atau memberi motif. Namun, pekerjaan ini amat menarik. Karena itu, saya tidak heran jika batik pada umumnya berharga mahal karena batik memang merupakan hasil karya yang tinggi".

Nah Sahabat Kencana Ungu, Betapa kita semua harus sadar akan kebudayaan batik yang kita miliki ini, dan kita harus senantiasa melestarikannya. ya salah satunya bisa anda kenalkan jenis-jenis motif batik kepada anak-anak anda dari sejak dini.


Related Products

Comments
No Comments Found!
Write Comment
Your Name


Your Email Address


Your Comment Note: HTML is not translated!
Enter the code in the box below: