Perlengkapan yang Diperlukan Dalam Proses Membatik
Posted On: 2014-10-11 08:22:28 ; Read: 753 time(s)

Sahabat Kencana Ungu sudah tahu kan banyak orang asing yang ingin sekali bisa untuk membatik, bila belum tahu beritanya silahkan baca Disini. Nah Sahabat Kencana Ungu pun pasti termotivasi dan ingin sekali mengetahui cara-cara membatik yang benar. Tapi sebelum itu perlu diketahui apa saja perlengkapan yang diperlukan untuk membatik itu.

Sebenarnya perlengkapan untuk membatik tidak banyak mengalami perubahan dari jaman dahulu sampai sekarang ini. Dalam proses membatik, peralatan yang digunakan masih bersifat tradisonal. Berikut kategori peralatan yang digunakan dalam proses membatik yaitu :

- Kategori Bahan Baku :

1. Kain Putih / Mori

Pada awalnya yang digunakan sebagai bahan batik adalah kain hasil tenunan sendiri, tetapi kemudian sejak sekitar abad ke-19 mulai digunakan kain putih impor. Kalau sekarang ini mungkin Sahabat Kencana Ungu dapat dengan mudah mendapatkan kain putih dengan harga yang terjangkau. Jenis kain yang dapat digunakan pun sangat beraneka ragam, mulai dari jenis kain mori sampai jenis sutera. Owy, Ukuran tidak harus lebar, cukup dengan ukuran kecil saja.
Bahan baku yang biasa digunakan dalam membatik adalah Mori. Apa itu mori? Mori adalah bahan baku batik yang terbuat dari katun. Kualitas mori sendiri bermacam-macam, dan  jenisnya sangat menentukan pada baik atau buruknya kualitas suatu batik yang dihasilkan. Mori yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan panjang pendeknya kain yang Sahabat inginkan. mori tidak memiliki standar yang pasti, dengan ukuran tradisionil, Ukuran tradisionil ini dinamakan “kacu”. Kacu adalah sapu tangan yang biasanya berbentuk bujur sangkar, yang disebut “sekacu” ialah ukuran perseginya mori, diambil dari ukuran lebar mori tersebut. Jadi panjang sekacu dari suatu jenis mori akan berbeda dengan panjang sekacu dari mori jenis lainnya.

2. Lilin / Malam
Bukan Lilin-lilin kecil lagu dangdut lho... :), Lilin atau “malam” adalah bahan yang dipergunakan untuk membatik. jadi sebelum digunakan, lillin/malam harus dicairkan terlebih dahulu dengan cara  dipanaskan di atas kompor atau bisa diatas pemanas lainnya. "Malam" yang digunakan untuk membatik berbeda dengan malam atau lilin biasa. Malam untuk membatik ini bersifat cepat menyerap pada kain tetapi juga dapat dengan mudah lepas ketika proses pelorotan. Adapun kegunaan lilin/malam dalam proses pembuatan batik tulis berfungsi untuk menahan warna agar tidak masuk ke dalam serat kain di bagian yang tidak diinginkan. Sedangkan bagian yang akan diwarnai dibiarkan atau tidak ditutupi lilin.

3. Pewarna Batik
Perlu Sahabat ketahui, pewarna batik yang digunakan setiap daerah itu berbeda-beda. Pewarna tersebut berasal dari bahan-bahan yang tentunya terdapat di daerah tersebut. Contohnya di Kebumen, pewarna batik yang digunakan berasal dari pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang menghasilkan warna merah kesemuan kuning. Kemudian di Tegal menggunakan pace atau mengkudu, nila, dan soga kayu.

Oke Sahabat Kencana Ungu, itulah beberapa hal yang perlu sahabat ketahui dulu sebelum belajar membuat batik. akan kita lanjutkan hal-hal lainnya pada artikel mendatang. Selamat malam Sahabat...


Related Products

Comments
No Comments Found!
Write Comment
Your Name


Your Email Address


Your Comment Note: HTML is not translated!
Enter the code in the box below: